sandalian dot net


Batu Merah Delima

09 April 2010 05:45:17 WIB, under category Gak Penting

Bagi Anda yang belum mengetahui, batu merah delima (beberapa menulis batu mirah delima) yang saya maksudkan adalah sebutir batu yang dipercaya mempunyai kekuatan khusus/ghaib. Tapi bukan kekuatan tersebut yang akan saya bahas di sini, itu di luar domain saya :)

Yang menarik perhatian saya adalah bagaimana batu tersebut bisa berpendar mengeluarkan cahaya merah begitu terkena air. Iya, “menyala” begitu saja seolah-olah ada baterai dan bohlam di dalamnya.

Gambar di sebelah adalah salah satu foto yang saya ambil dari blog pusatpusaka yang menampilkan bagaimana batu tersebut berpendar. Tadinya saya ingin menggunakan kata berpijar, tetapi sepertinya kata berpijar mengandung konotasi panas/menyala.

Saya memang belum pernah memegang batu tersebut secara langsung, tetapi dari video dan foto yang saya lihat baik di televisi maupun di internet, it amazes me. Saya kagum bin gumun.

Sudah adakah ahli fisika (bukan metafisika) yang menyelidiki bagaimana batu ini bisa menyala? Matematikawati satu ini menanggapi pertanyaan saya tersebut dengan kemungkinan adanya zat apa gitu –saya cari di arsip twitter gak ketemu– yang memang bisa terbakar ketika bertemu air. Tetapi yang menjadi antitesis dari tanggapan tersebut adalah sepertinya batu merah delima ini tidak menjadi panas dan tidak ada bagian yang menjadi abu, sehingga kemungkinan tidak terjadi proses pembakaran.

Pancaran cahaya inilah yang biasanya dijadikan tolok ukur “kesaktian” batu ini. Semakin banyak dia bisa menerangi gelas air yang di jajar di sekitarnya, semakin tinggi nilai batu ini.

Oh iya, saya pernah melihat seorang pedagang di pasar Klithikan –ketika masih di Jalan Mangkubumi, Yogyakarta– memajang tulisan di atas selembar kardus menawarkan batu merah delima ini dengan harga –biasanya disebut mahar, agar tidak diartikan sebagai jual beli komersil– 1 milyar rupiah.

Eh tunggu, ternyata di sini harganya 10 kali lipat. Wow.


29 Comments so far..

  1. hedi
    09 April 2010, 15:09:29 WIB

    mahal dan katanya bawa hoki, makanya diuber orang2 yg percaya ;)

  2. Chic
    09 April 2010, 18:07:36 WIB

    kalo yang saya pernah saksikan dengan mata kepala saya sendiri, temennya Budhe lag demo soal “kesaktian” si merah delima itu.. beliau menjejerkan 5 atau 6 gelas berisi air putih dan menaruh si batu merah delima itu di gelas yang pertama. Ngga berapa lama, gelas air berisi si batu itu berubah warna menjadi merah, kemudian diikuti oleh gelas-gelas lainnya perlahan-lahan airnya berubah menjadi warna merah.

    saya yang kala itu masih SMP, takjub! dan sampe sekarang belum nemu penjelasan ilmiah mengenai hal tersebut…

  3. gunturgeni
    10 April 2010, 22:24:22 WIB

    khlo aku sih percaya percaya saja ma keajaiban yang di lakukan batu it la dulu pernah ikut megang itu batu..hehehhe

  4. bangsari
    15 April 2010, 14:50:44 WIB

    rung tau ndelok dan cenderung males. tp sebagai cerita pengantar tidur, menarik.

  5. senimanpeta
    21 April 2010, 07:14:39 WIB

    katanya batu itu salah satu jenis batu mulia yang diburu banyak orang, kalau tidak salah dikenal sebagai ruby

  6. Gudang Info
    02 May 2010, 14:34:38 WIB

    rung tau ndelok dan cenderung males. tp sebagai cerita pengantar tidur, menarik. <<——– setuju tuh. apalagi buat koleksi cerita anak….

  7. Tdit
    27 May 2010, 11:18:45 WIB

    beberapa orang tidak mau peduli atau tepatnya tidak berani menerima kenyataan bahwa ada hal-hal NYATA tapi berada diluar NALAR mereka. mereka akan tetap “tidak percaya” (baca : membohongi diri sendiri) walaupun itu jelas2 tampak di depan mata mereka. mungkin dengan berdalih itu tipuan setan, jin, syirik dll. yang membuat saya bingung, kenapa mereka cenderung mempercayai itu sebagai tipuan setan, dan bukan menerima itu sebagai KUASA TUHAN??

  8. dandy
    09 August 2010, 23:53:17 WIB

    bismillah…saya ada merah delima, rencana akan saya jual dengan niatan sebagian dananya akan dialokasikan untuk pembangunan dan perluasan pondok pesantren di wilayah pasuruan….jika anda bisa bantu saya mewujudkannya harap hub saya di 081615203205….smg Allah berkenan dan berkehendak…amin….salam dandy

  9. strive agency
    24 August 2010, 12:42:59 WIB

    asslm……

    ada MD [merah delima]

    hub: indra hermawan
    no.hp:087839385118
    email:[email protected]

    yogyakarta 24-08-2010

  10. lesmana
    07 October 2010, 13:48:36 WIB

    salam sejahtera,
    bagi anda yang punya barang apa saja yang terpenting “alami” dan “anti cukur” bukan buatan ( isian ) silahkan hub. saya di 0816334484,08194830618, benda2 tersebut akan kami proses dan dana yang di dapat untuk perkembangan pesantren, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

  11. Heru
    18 December 2010, 12:05:11 WIB

    ane ngejual delima merah…
    murah..murah.. Rp. 10.000 dpet 3 biji…
    buruan..sbelum khbisn..

  12. rana
    06 January 2011, 15:56:12 WIB

    alooow Mas Bro…
    salam sejaterah…
    salam kenal ana dari Bengkulu, Sumatra…

    ngomong2 ttg batu Merah Delima ini… kebetulan ne ana punya infonya…
    bagi yg berminat / ingin koleksi monggo entar langsung saya kenalkan ke orangnya…

    ttg khasiat & kehebatanya boleh di ujiiii cobaa…

    salam…

  13. ibnu
    19 January 2011, 21:04:53 WIB

    as.salam sejahtera,
    bagi anda yang punya barang apa saja yang terpenting “alami” dan “anti cukur” bukan buatan ( isian ) dan barang lainnya sperti RB anti cukr,piring anti basi anti racun samurai 2 kali gesekan langsung putus,bambu anti panas dll ,lsilahkan hub. saya di 081957229000 trma kasih wass.

  14. ibnu
    19 January 2011, 21:06:18 WIB

    kalau emang barang ana asli….silahkan hub..kami jarang menemui barang yg asli….

  15. esdepe
    20 January 2011, 12:34:29 WIB

    Batu merah delima yang asli itu bukan memancarkan cahaya tapi merubah warna airnya menjadi merah seperti merah fanta, jika dimasukan ke satu gelas dan gelas lain di dekatkan maka akan perlahan – lahan ikut menjadi warna merah juga. saya punya dan saya dapatkan dari turun temurun dari kakek saya. sanggup memrahkan 20 gelas sekaligus. jadi jangan gampang tertipu dengan batu yang mencarkan cahaya…..

  16. Yudhi
    07 March 2011, 00:59:39 WIB

    Ass..wr,wb.Salam kenal smua ny,mau gabung skalian kasih Info ne…betul kata sdra ESDEPE,klo batu merah delima itu tdk menyala saat trkena air.trs klo yg asli ukuran ny tdk sebesar itu,dan yg psti ny lagi dan tdk di ragukan adlh khasiat anti ckur ny dll adlh no wahid..!!!bwt mas hendra gunawan,dan mas dandy klo tdk slh ya,kalo bnr Md ny alami mau ga di ajak kerjasama?klo mau anda bsa krm email ke [email protected] atw call ke no 085224858837.Thx

  17. peter
    13 May 2011, 02:00:10 WIB

    Salam……! untuk bpk/ibu yg tinggal di daerah Tulung Agung,dan memiliki Benda Anti Cukur apapun bentuknya yg ingin di hibahkan, bpk/ibu dapat menghubungi saya di 085216868282 krn pada tgl.18/05/11 minggu depan kami ada di Tulung Agung untuk melakukan proses transaksi .Tks.

  18. muslim
    03 July 2011, 17:22:11 WIB

    siiip

  19. muslim
    03 July 2011, 17:23:23 WIB

    aku setuju itu barang yg di cari org

  20. anto andrianto
    12 July 2011, 14:40:03 WIB

    salam knal…om saya punya merah delima asli, mustika kelapa, n pisau terapung,,,,dia mau jual,,,tpi blum dapat pembeli,,,klu ada yg serius mau beli…hubungi sy di no.hp.082157884645,,,,trims

  21. muslin mirontoneng
    07 September 2011, 11:37:20 WIB

    saya perna melihat mirah delima,,,,MD itu mempunyai fungsi…..

    * bisa menyala jika di taru dalam air.

    *jika di celupkan kedalam gelas yang berisikan air bisa berfungsi sampai ratusan gelas.

    * anti cukur.

    dan saya ingin bertanya apakah mirah delima hanya berwarna merah ????

    soalya saya jga perna melihat barang yang mirip MD namun berwarna biru,,

  22. lana
    17 November 2011, 00:35:54 WIB

    yang menyala itu tandanya adanya khodam , dan hal ini tidak bisa dijelaskan dengan cara yang nyata , dan hanya orang yang punya indra ke 6 saja yang dapat mengartikannya.

  23. No Bid'ah
    20 December 2011, 12:59:46 WIB

    Istighfar wahai para kaum bid’ah… itu hanya pembodohan.. Spy diketahui, sy dulunya adh pelaku yg sering menyesatksn org sering jualbeli MD, tp skg sdh sadar.. tp itulah salahsatu cara kami org miskin menipu/membodohi org kaya… tp sekedar brbagi kpd sesama, Kalau mau lihat yg asli bisa disaksikan di bali, setau sy dimiliki oleh keluarga puri karang asem, asli jenis corundum dg kekeradan 9 skala mohs, punya ster 6, kalau utk merahkan air digelas cm 1 gls sj,itupun krn efek cahaya kristal batu, kalau slbhnya insyaAllah bohong.. aplg smp nawarin mnjual. hati2 penipuan…

  24. ruhulawil
    23 December 2011, 00:46:38 WIB

    Koreksi untuk semua… yang menyala diair itu batu mainan. didalamnya ada rakitan elektro, batu ini dibuat oleh para mafia batu mirah agar seolah2 asli. saya sudah pernah beli 300rb, pabrik pembuat ada di tangerang,,sangat terselubung.. hati2 dengan jual beli barang antik. bisa bisa jadi korban. salam pencerahan.

  25. Yudhi
    03 June 2012, 13:35:08 WIB

    Proses kerjasama dgn sarana anti cukur.bagi rekan2 smua yg bnr2 memiliki sarana anti cukur yg asli & alami sprti MD,Rantai babi,Batara karang dsb,berminat untk proses penarikan dana bsa hbngi sy di no 083824678991.syarat bgi pmlk brg hrs bnr2 ikhlas lhr btn,dan brsedia trun ke tmpt Sepuh ny.info ini hnya untk yg serius & tdk main2..!!?krna ini nyata & bsa di bukti kan kbnrn ny.trmksh

  26. joko
    27 July 2013, 22:28:23 WIB

    hari gini percaya sama pembohong mainan

  27. rian
    27 July 2013, 22:37:24 WIB

    https://www.youtube.com/watch?v=-CzpR31Y4UM&feature=youtube_gdata_player tonton video ini biar gk ketipu,mending uangnya buat sedekah ke anak yatim

  28. dion
    05 January 2014, 00:50:24 WIB

    ƔŮůþ˚°º;),saya memang suka seni, memang sesuatu ada kelebiha n kekurangan.semua kuasa اَللّهُ.

RSS for comments TrackBack URL

Leave a comment or two

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>